2016/12/15

Makam Syekh Wali Agung Rogoselo Di Pekalongan

Makam Syekh Wali Agung Rogoselo Pekalongan di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro. Gerbang masuk ke makam berada di mulut jalan simpang yang mengarah ke kanan hanya beberapa ratus meter dari Bendung Rogoselo.


Makam Syekh Wali Agung Rogoselo Di Pekalongan 2
Di sana terdapat juga sebuah makam yang lebih rendah dari lantai, setebal keramik, bertabur batu sehalus pasir berwarna krem. Ada empat batu nisan sederhana pada makam itu, satu agak besar, dua lebih kecil, dan satu lagi lebih kecul lagi. Tak ada tengara nama pada makam ini. Barangkali adalah kubur kuncen makam sebelumnya.

Konon Syekh Wali Agung Rogoselo berasal dari Mekah, hidup sebelum walisongo. Beliau lahir di atas batu sehingga disebut Rogoselo. Menurut Ki Daki, dulu dukuh ini sepi. Pada 1956 hanya ada 6 rumah. Setelah tahun 80-an baru bermunculan rumah baru. Acara tahunan di makam keramat ini berlangsung setiap 17 – 20 Suro dengan tahlilan dan manakib pada malam 17.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi kita semua, jika ada kata atau informasi yang kurang, mohon dimaafkan.


EmoticonEmoticon