2016/01/29

MAKAM MBAH MUDZAKIR TAMBAK SARI

Keunikan makam mbah mudzakir
Demak – KH Abdullah Mudzakir atau sering dikenal dengan Mbah Mudzakir adalah seorang ulama yang pernah berjuang melawan belanda saat berada disemarang, ketika itu mbah mudzakir melawan belanda didaerah perbatasan antara Demak – Semarang lebih tepatnya di Sayung Demak Rabu, 03/06.

Dimasa perjuangannya mbah mudzakir mencegah belanda untuk masuk ke Demak pada saat itu, Beliau wafat di sayung makam beliau berada di Dusun Tambaksari Desa Bendono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.
Makam Mbah Mudzakir tambak sari

Keberadaan makam mbah mudzakir ini sangatlah unik yaitu ditengah laut, ketika hendak berziarah menuju ke makam mbah mudzakir peziaran berjalan sepanjang 700 m yang samping kanan kirinya adalah air laut. Sebenarnya dahulunya Dusun Tambaksari atau keberadaan makam mbah mudzakir adalah daratan, namun karena terus – menerus terkena banjir rob air laut lama – kelamaan daratan itu mengalami abrasi sehingga keberadaan makam mbah mudzakir berada ditengah laut jangan salah jika anda menuju ke makam beliau terdapat tanaman bakau disekitarnya.




Muhammad Fauzan  sebagai Juru Kunci dari makam mbah mudzakir saat ditemui ISK memaparkan “Keberadaan makam mbah mudzakir atau KH Abdullah Mudzakir ditengah laut, dulu adalah daratan dan lama – kelamaan kena abrasi serta rumah yang terendam dan hancur ditinggal pemiliknya” paparnya.




Selain keunikan keberadaan makam mbah mudzakir, keunikan yang lain antara lain adalah ketika banjir pasang air laut tiba semua jalan menuju lokasi makam terendam sedangkan makam mbah mudzakir sendiri tidak tergenang seolah – olah makam tersebut naik dan tidak terendam oleh air.




EmoticonEmoticon