2016/02/15

MAKAM KI AGENG WONOSOBO DI KABUPATEN WONOSOBO

Letak Makam Ki Ageng Wonosobo berada di daerah yang bernama Kabupaten Wonosobo tepatnya di Desa Plobangan Kecamatan Selomerto, yang saat ini menjadi salah satu Obyek Wisata Ritual Kabupaten Wonosobo.

Ki Ageng Wonosobo dikenal pula dengan nama Ki Ageng Dukuh, sedangkan di Desa Plobangan lebih dikenal dengan nama Ki Wanu atau Ki Wanuseba. Beliau merupakan cucu dari Prabu Brawijaya V Raja Majapahit terakhir dan merupakan putra dari Raden Bondan Kejawen (Lembu Peteng) putra Brawijaya V yang menikah dengan Dewi Nawangsih. Dewi Nawangsih sendiri adalah putri dari Ki Joko Tarub yang menikah dengan Dewi Nawangwulan (Ratu Kidul). Secara trah keturunan, Ki Ageng Wonosobo masih Sayid atau keturunan Nabi Muhammad SAW karena Ki Joko Tarub adalah putra dari Maulana Malik Ibrahim yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.

MAKAM KI AGENG WONOSOBO DI KABUPATEN WONOSOBO


Dalam hubungannya dengan berdirinya Mataram Islam, Ki Ageng Wonosobo berputra Pangeran Made Pandan,nama lain dari Ki Ageng Pandanaran pendiri Kota Semarang pada era Demak Bintoro.

Di sekitar makam Ki Ageng Wonosobo terdapat tiga makam kuno lain yang dipagar. Kono ketiga makam ini juga para pendahulu yang merupakan Ulama di era yang sejaman dengan Ki Ageng Wonosobo. Salah satunya adalah Kyai Chotik yang makamnya berada di bawah pohon beringin yang sangat tua dan besar. Diameter pohon beringin ini sekitar 4 meter (mengingatkan saya dengan pohon beringin di Ibu Kota Mataram Kota Gede Jogja) dan makam Kyai Chotik dikelilingi oleh akar pohon beringin tersebut. Makam Kyai Chotik sendiri hanya berjarak kurang lebih 10 meter dari Makam Ki Ageng Wonosobo.

MAKAM KI AGENG WONOSOBO DI KABUPATEN WONOSOBO

Keberadaan situs Ki Ageng Wonosobo ini semakin menguatkan bahwa pada abad 14 M , Wonosobo sudah mempunyai peran yang cukup penting dalam pengembangan Agama Islam sekaligus mungkin sudah mempunyai pemerintahan di tingkat kecil.

Di tempat inilah merupakan makam keramat yang sampai sekarang banyak diziarahi oleh berbagai kalangan, baik dari dalam kota maupun dari luar kota.

Jika ada yang ingin minta silsilah beliau saya berminat membagikannya kepada anda secara gratis khusus untuk pecinta blog makamparawali ini, bisa tuliskan email anda di komentar.



1 komentar


EmoticonEmoticon