2016/02/04

MAKAM SYEIKH RONGGOKUSUMO

K.Raden Ronggokusumo adalah putera K.Agung Meruwut yang juga masih keponakan KH.Ahmad Mutamakkin yang merupakan salah satu murid yang lain, ia diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen. Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa NGEMPLAK. K.Raden Ronggokusumo menetap di Desa tersebut dan ia berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam.Setiap tanggal 10 Shafar, Hari Ulang Tahun atau Haul yang selalu dibanjiri oleh para zairin dari berbagai daerah. Makam beliau terletak di Desa Ngemplak, Kecamatan Margoyoso,Kabupaten Pati,.


Salah satu makam waliyullah di desa Kajen yang sering diziarahi adalah Makam Mbah Ronggo Kusumo. Makam ini letaknua tidak jauh dari makam Syeh Muttamakin. Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit kita sudah sampai dimakam ini.
Syekh Ronggo Kusumo yang waliyullah pun merupakan salah seorang keponakan Mbah Mutamakkin, sekaligus berguru kepadanya.Oleh karena itu para peziarah lebih dahulu datang di makam Syeh Muttamakin terlebih dahulu
Sama seperti gurunya, makam Syekh Ronggo di Desa Ngemplak Kidul juga dibanjiri ribuan peziarah setiap malam Jumat. ''Puncak perziarahan biasanya terjadi pada Jumat Wage dan Pahing,'' kata jurukunci . Selauin itu hari –hari biasa peziarah juga lumayan banyak.




Makam RONGGOKUSUMO
• Lokasi Di Desa Kajen  Kec. Margoyoso.
• Obyek wisata yang dikunjungi Makam dan Masjid.
• R. Ronggokusumo merupakan keturunan dari Sultan Demak, sebelum Membuat Masjid dan mengajarkan agama islam beliau adalah kepala perampok yang menjadi pengawasan dan buronan dari Sunan Mangkurat. Setelah Beliau bertemu dengan K.H. Achmad Mutamakkin kemudian disuruh membuka hutan dan diajari tentang agama Islam sehingga tabiatnya berubah menjadi baik.



EmoticonEmoticon