2018/12/03

7 Negara Paling Berbahaya Untuk Kaum Wanita

Efek dari berapa kemajuan dan perkembangan teknologi, banyak negara di dunia ini masih menjadi tempat berbahaya bagi kaum wanita. Diskriminasi, bias gender, aborsi janin, KDRT dan pemerkosaan menjadi masalah perempuan, terutama di negara Asia dan Afrika.

7 Negara Paling Berbahaya Untuk Kaum Wanita

Kami memilih negara-negara mana saja yang dinilai berbahaya? Kamu akan kaget bila mendengar fakta-fakta mengerikan dari berbagai negara ini. Berikut ini 7 negara di dunia yang paling nggak aman bagi kaum perempuan :

1. Afghanistan
Afghanistan memiliki 87% penduduk perempuan yang mengalami buta huruf. Hal ini terjadi sejak Taliban berkuasa sehingga hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan layak kian dibatasi. Gadis-gadis muda dilaporkan dipaksa untuk menikah dini di usia 15-19 tahun. Selain itu, ada sejumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga yang dilaporkan pengadilan Afghanistan. Kondisi kesehatan yang buruk juga membuat kehamilan dan kelahiran anak menjadi berbahaya bagi perempuan Afghanistan.

2. Kongo
Diskriminasi berbasis gender dan kekerasan dalam rumah tangga adalah beberapa masalah umum yang dihadapi oleh perempuan di Kongo. Menurut American Journal of Public Health, 1.150 perempuan mengalami pelecehan seksual setiap hari di Kongo.

3. Somalia
Somalia adalah negara Afrika tanpa hukum dan ketertiban. Terlebih bagi para perempuan bakal menjalani hidup yang sengsara. Selain takut diperkosa, kehamilan jadi hal yang paling ditakutkan karena tak ada fasilitas medis, sehingga bayi yang lahir sering berakhir pada kematian. Tercatat 95% dari populasi wanita juga menghadapi mutilasi genital antara usia 4 sampai 11 tahun.

4. Mesir
Masalah umum yang dihadapi perempuan di Mesir adalah pelecehan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga. Apalagi sistem peradilan Mesir tak melindungi hak-hak perempuan. Hak perempuan Mesir tetap dirampas untuk pernikahan, perceraian, serta hak asuh anak dan warisan.

5. Meksiko
Meksiko memiliki tingkat kejahatan yang tinggi. Meskipun demikian hanya sedikit wanita yang berani melaporkan penyerangan seksual sebagai kasus serius. Pelecahan seksual di negara ini ditangani secara tak hormat dengan penuh keraguan dan ketidakpedulian. Ditambah lagi perlakuan penduduk terhadap orang asing yang terkadang tak wajar bahkan menganggu.

6. Pakistan
Warga Pakistan menerima beberapa malpraktek yang benar-benar tak etis. Ketidakpekaan polisi dan pemerintah membuat perempuan rentan terhadap kejahatan di negara ini. Ada bahaya umum yang dihadapi perempuan Pakistan di antaranya serangan asam, dipaksa menikah saat masih anak-anak, hukuman rajam dan kekerasan dalam rumah tangga sampai pembunuhan. Mirisnya lagi jika kasus yang menimpa perempuan dibawa ke ranah pengadilan, hakim kerap memperlakukan mereka dengan tidak hormat.

7. Thailand
Meskipun Thailand menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Asia, kekerasan seksual kerap terjadi di negeri ini. Menurut Thailand Domestic Violence Information Center, kekerasan bias gender adalah masalah umum karena kelebihan konsumsi obat-obatan dan minuman keras di negara itu.


EmoticonEmoticon